- 04 February 2014

Cara Convert CCS menjadi LESS/SASS

Gambar dari: scotch.io
LESS adalah preprosesor CSS yang memberikan sentuhan dinamis kepada CSS dengan fitur variabel, mixin, serta operasi dan fungsi yang dimilikinnya. Tujuan dibuatnya LESS sendiri adalah untuk memberikan kemudahan dan keringkasan dalam membangun tampilan website yang menggunakan CSS. Proses kompilasi LESS menjadi CSS dapat berjalan baik di sisi klien dengan javascript maupun di sisi server dengan bantuan Node.js dan Rhino. Berkas LESS yang memiliki format *.less dan akan diubah menjadi file berformat CSS oleh file javascript less.js pada sisi klien atau melalui kompilasi pada sisi server.(bisakomputer) Untuk selengkapnya mengenai tentang LESS bisa menuju halaman ini.

Sementara SASS (Syntactically Awesome Stylesheets) adalah alternatif lain bagi anda yang malas mengetik kode CSS (menurut saya), karena sebagian kode CSS itu merupakan kode yang statis, serba berbelit belit dan manual, dengan adanya SASS ini mungkin cara anda untuk membuat kode Style semudah anda membuat fungsi For, karena SASS ini di desain sedemikian rupa seperti bahasa pemrograman, jadi lebih efektif.

Dalam jenis nya, SASS dibagi 2 bentuk ada yang berbahasa SCSS (Sassy CSS) dan SASS itu sendiri. yang membedakan itu adalah SCSS masih menggunakan tanda ( { } ) layaknya CSS Biasa, tapi SASS menggunakan indent seperti bahasa ruby atau Python, jadi belajar rapih gitu kodingan nya.

Jika anda masih bingung dengan penulisan syntax LESS atau SASS, saya akan memberikan cara praktisnya, yaitu dengan memanfaatkan Css2Less atau Least Website ini dirancang untuk menconvert CSS menjadi LESS. Penggunaannya cukup mudah anda cukup menuliskan CSS pada bagian kiri. Maka Css2Less atau Least akan otomatis menconvert code CSS menjadi code LESS pada bagian kiri.

COnvert CSS menjadi Less

Covert Css menjadi Less atau Sass

No comments:

Post a Comment

Next Next Next

About Me


Hello!!
My Name is Aim
I'm Blogger, Graphic Designer, Networker, Photographer.
I'm Indonesian People.
Connect With Me